Ads Top

Kita Wajib Punya Dana Darurat, Ini Cara untuk Menyiapkannya



NOTESIAGOY -- Kita tidak dapat memprediksi apa yang akan tiba-tiba terjadi pada kita. Seperti sakit, kehilangan pekerjaan, kecelakaan, perbaikan rumah, perbaikan mobil, dan lainnya. Hal-hal tersebut dapat mengguncang kapal keuangan kita secara tiba-tiba.

Tidak semua orang siap untuk menghadapi situasi seperti itu. Apalagi bila tidak memiliki persiapan baik di bidang keuangan atau pun mental.

Tetapi bila kita sudah siap dalam satu sisi, seperti keuangan kita tidak perlu pusing lagi memikirkan jika suatu hal terjadi pada kita. Berikut adalah cara bagaimana kita mempersiapkan biaya darurat yang di paparkan oleh TheBalance.com:

1. Tentukan berapa banyak yang ingin kita simpan

Ada banyak pendapat tentang berapa banyak uang yang harus kita masukkan ke dalam dana darurat, namun satu-satunya pendapat yang penting adalah milik kita. Tanyakan kepada diri sendiri berapa banyak yang harus kita selesaikan untuk merasa aman, dan jadikan jumlah yang kita simpan dalam dana darurat.

2. Hitung biaya bulanan

Buatlah daftar semua biaya rutin bulanan kita – biaya makan, utilitas, pembayaran utang, biaya transportasi, asuransi dan semua tagihan yang harus dibayar. Kemudian, jumlah total biaya bulanan kita.

3. Buka Akun Tabungan

Setelah menentukan berapa banyak yang perlu kita hemat, saatnya untuk memutuskan di mana kita akan menyimpan uang. Karena kita ingin dana darurat kita tetap terjangkau, membuka rekening tabungan baru atau deposito adalah cara paling tepat. Dengan ini, uang darurat kita tidak akan terganggu.

4. Tentukan berapa banyak yang bisa kita hemat

Lihatlah keuangan kita, dan tentukan berapa banyak yang dapat kita berikan untuk dana darurat setiap bulannya. Jangan khawatir seberapa kecil atau besar biaya yang dapat kita hemat untuk biaya darurat. Yang terpenting adalah kita memulai untuk menyisihkan uang untuk dana darurat.

5. Mengatur deposit otomatis

Lakukan penghematan dengan penjadwalan deposit otomatis ke dana darurat kita. Lalu, duduklah kembali dan perhatikan saat saldo tumbuh bulan demi bulan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.