Ads Top

3 Fakta Menarik Tentang Berkedip dan Dampaknya Terhadap Penglihatan

54kedip

NOTESIAGOY - Berkedip adalah sesuatu yang dilakukan setiap orang tiap beberapa detik sekali. Dengan kegiatan berkedip ini, kita selalu berasumsi bahwa kita berkedip untuk membasahi mata. Namun sebenarnya berkedip punya fungsi jauh lebih dari itu.

Bahkan, berkedip membuat penglihatan kita stabil. Hal ini mengacu pada temuan para ilmuwan yang menyebut bahwa ketika kita berkedip, otak kita tetap memposisikan bola mata kita fokus pada apa yang kita lihat.

Apa saja berbagai hal menarik tentang berkedip? Dilansir dari Daily Mail, berikut ulasannya.

1. Ketika Berkedip Bola Mata Masuk Ke Dalam Rongga Mata

Ternyata ketika kita berkedip, bola mata kita berputar di dalam rongga mata. Mata kita tak berada di tempat yang sama ketika kita berkedip karena demikianlah manuver bola mata bekerja.

Seharusnya jika hal ini terjadi mata kita berada pada posisi yang tak karuan, bahkan tidak fokus dan pupil terbuka lebar karena gelap.

2. Mata Tidak Kembali Pada Posisi Seharusnya Pasca Berkedip

Secara struktur dan kinerja, otot mata kita cukup lamban dan tidak presisi dan bekerja. Hal inilah yang membuat mata kita tak berada di tempat yang sama ketika kita berkedip karena demikianlah manuver bola mata bekerja.

Oleh karena hal itu, otak kita butuh mengadaptasikan sinyal motoriknya untuk memastikan mata kita benar-benar berada dalam posisi yang benar.

3. Otak Cepat Menanggapi Kedipan Dengan 'Memperbaiki' Posisi Mata

Seharusnya ketika berkedip mata kita berada pada posisi yang tak karuan, bahkan tidak fokus dan pupil terbuka lebar karena gelap. Namun hal ini tidak terjadi, lantaran ketidak beraturannya mata ini ditanggapi otak sebagai sinyal untuk mengaktifkan kembali otot-otot mata yang tidak pas. Hal ini membuat mata kita tetap melihat dengan benar dan tetap fokus.

Hal ini diketahui berdasarkan studi yang dipublikasikan di jurnal Current Biology, yang dilakukan oleh kerjasama 3 universitas. Antara lain UC Berkeley, Nanyang Technological University Singapura, dan Universite Paris Descartes.

Para peneliti juga berkata kalau hal ini tidak dilakukan otak, penglihatan kita tak hanya kabur, namun juga gelap karena kita tak akan sadar kita melihat ke arah mana. Jika dianalogikan, para peneliti menyatakan bahwa mata kita mirip steadicam, sebuah kamera yang selalu stabil dalam mengambil gambar. Tak pernah goyang, dan tak terganggu apapun.

Hal ini juga menunjukkan bahwa otak kita sangat mampu untuk beradaptasi dengan perubahan secara konstan dan cepat.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.