Ads Top

Bangga! Bandung Raih Penghargaan Prestisius di Level ASEAN

Ridwan Kamil
Barudak Bandung mana suaranya? | Sumber foto: Haluannews.com

NOTESIAGOY - Sebagai salah satu negara yang menganut konsep pembangunan berkelanjutan yang ramah lingkungan (environmentally sustainability development), Indonesia berusaha untuk dapat berkontribusi di kancah internasional melalui serangkaian inovasi baik dari pemerintah pusat maupun daerah.

Baru-baru ini Kota Bandung, mendapat penghargaan sebagai kota metropolitan dengan udara terbersih se-Asia Tenggara. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, dalam acara The4th ASEAN Environmentally Cities Award di Brunei Darussalam pada Selasa (12/9/2017).

Acara tersebut merupakan salah satu ceremony penghargaan paling prestisius di level regional Asia Tenggara sekaligus sebagai platform untuk mempromosikan tujuan ASEAN dalam membangkitkan awareness masyarakat mengenai isu lingkungan.

Penghargaan ini diberikan berdasarkan pengujian yang selektif, dan Bandung merupakan salah satu kota yang pantas mendapatkan predikat kota dengan kualitas udara terbersih di wilayah Asia Tenggara.

Organisasi ASEAN menilai program-program yang dijalankan oleh pemerintah Bandung sangat sejalan dengan apa yang disebut sebagai environmental sustainability.

Di antara program-program tersebut adalah penerapan car free day di tiga tempat setiap minggunya. Wali Kota Bandung juga gencar mempromosikan kampanye transportasi rendah emisi, seperti sepeda.

Tak hanya itu, alat pengukur kualitas udara juga dipasang di banyak titik di kota Bandung, terutama tempat-tempat yang arus mobilitas kendaraannya tinggi contohnya Dago Pakar, Ujungberung, Pajajaran serta Gede Bage.

Dalam pidatonya, Ridwan Kamil sempat berterima kasih kepada warga Bandung atas komitmen mereka dalam menjaga kualitas udara Bandung serta aktif mempromosikan kampanye.

Sebelumnya di tahun 2015 Bandung juga sempat mendapat penghargaan dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup Republik Indonesia sebagai kota dengan tingkat polusi paling rendah.

Dalam acara penghargaan tersebut, Bandung ternyata bukan satu-satunya kota dari Indonesia yang berhasil menyabet penghargaan lho. Kabupaten Tulungagung di Jawa Timur mendapat penghargaan Environmentally Sustainable City Award, Kota Makassar juga mendapatkan Clean Land Award. Sementara Kota Malang dianugerahi Clean Water Award.

Dengan penghargaan ini diharapkan Indonesia mampu untuk mempromosikan pentingnya pembangunan berkelanjutan yang mendukung kualitas lingkungan.

Bangga ya, kota di negara kita berhasil menyabet predikat sebagai kota terbersih di Asia Tenggara. Oleh karenanya, yuk, kita sama-sama secara aktif ikut membantu pemerintah dalam menciptakan pembangunan yang berkelanjutan.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.