Ads Top

Empat Fenomena Laut Terheboh, Nomor Tiga Paling Mengerikan!





NOTESIAGOY – Lautan menyimpan beragam misteri yang sampai saat ini belum terpecahkan. Menurut catatan para ahli, manusia baru bisa mengeksplorasi sekitar 2-5% dari keseluruhan laut. Kendati demikian, banyak misteri yang tersaji. Beberapa di antaranya masih belum dapat dipecahkan hingga sekarang.

Berikut empat fenomena menakjubkan laut yang berhasil dirangkum redaksi Fajar.co.id.


1. Air Terjun Selat Denmark



Jika biasanya air terjun ditemukan di daratan, lain halnya dengan yang satu ini. Sebuah air terjun mengalir dengan deras di bawah permukaan air di sisi barat Selat Denmark.

Air terjun ini juga digadang-gadang sebagai yang tertinggi di dunia. Tak tanggung-tanggung, tingginya mencapai 3,5 kilometer.

Dilasir dari laman Woods Hole Oceanographic Institution , hal ini terjadi lantaran adanya perbedaan suhu antara massa air di sisi timur dan barat Selat Denmark. Air yang lebih dingin dan ringan kemudian mengalir ke bawah, menyisakan air yang lebih hangat di permukaan.

Air terjun ini juga diduga mengalirkan 175 juta meter kubik air per detik, 350 kali lebih banyak dibanding air terjun terbesar di daratan, Air Terjun Guaira di perbatasan Brasil dan Paraguay.

Sebagai catatan, Air Terjun Guaira disebut-sebut mengalirkan 12 kali lebih banyak air dibanding Air Terjun Victoria di Zimbabwe, yang hanya mengalirkan 1088 meter kubik per detik.


2. Anomali Laut Baltik



Sebuah tim pencari harta karun asal Swedia, Ocean X Team, menangkap citra objek menarik saat pencarian kapal karam di Laut Baltik di antara Swedia dan Finlandia, musim panas 2011 lalu.

Namun, citra tersebut tidak dapat dilihat dengan jelas mengingat diambil menggunakan instalasi sonar. Objek tersebut samar-samar terlihat berbentuk lempengan melingkar, dengan tangga serta beberapa benda yang diyakini tidak berasal dari alam.

Setahun kemudian, media asal Inggris, Daily Mail, membuat artikel yang bersumber dari citra sonar tersebut. Setelahnya, banyak bermunculan foto-foto yang dianggap sebagai citra sonar versi jelas.

Dilansir dari laman Live Science , usai diteliti, objek tersebut berbentuk seperti pesawat UFO dengan diameter mencapai 60 meter persegi.


3. Megalodon Masih Hidup?



Sebuah hewan yang diduga telah punah jutaan tahun lalu tertangkap kamera pada 2016 lalu. Dilansir dari Daily Star, penampakan tersebut terekam saat tim ilmuwan Jepang tengah mengadakan penelitian di palung terdalam di dunia, Palung Mariana, Samudera Pasifik.

Dalam rekaman video, seekor hiu besar secara perlahan mendekati sebuah sangkar umpan yang ditenggelamkan ilmuwan. Namun, ukuran tubuh hiu tersebut membuat mulut menganga. Mengacu dari ukuran sangkar, hiu tersebut memiliki ukuran tubuh yang jauh lebih besar dari seekor paus biru.


4. Kraken sang Cumi-cumi Raksasa



Pada abad ke-16 dan 17, ada salah satu hewan yang dikenal sebagai musuh bebuyutan para perompak di muka bumi, yakni Kraken. Hewan yang diduga berjenis cumi-cumi raksasa itu kerap menculik kapal-kapal bajak laut menggunakan tentakelnya.

Meski tenar pada ratusan tahun lalu, namun seorang pakar konspirasi mengaku telah menemukan penampakan Kraken yang tertangkap aplikasi Google Earth.




Dilansir dari UFO Sightings Daily, Scott C. Waring mengunggah beberapa foto yang diduga seekor cumi-cumi besar. Foto tersebut ia temukan dari koordinat 63° 63º2’56.73“S 60º57’32.38”W di Google Earth.




Menurut analisa Scott, panjang cumi-cumi itu berkisar antara 60 hingga 120 meter dengan panjang kepala mencapai 30 meter.



Sumber: Fajar.co.id

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.