Ads Top

Serupa Tapi Tak Sama, Inilah 7 Makanan Khas Indonesia dan Malaysia yang Terlihat Mirip

NOTESIAGOY -Negara Indonesia dan Malaysia memang memiliki banyak kesamaan. Mulai dari bahasa, budaya, sampai kebiasaan sehari-hari. Salah satu alasan kenapa Indonesia dan Malaysia memiliki banyak kemiripan adalah karena jarak kedua negara yang sangat berdekatan.

Walaupun memliki sistem pemerintahan yang berbeda, hal tersebut lantas tidak membuat Indonesia dan Malaysia menjadi jauh berbeda. Selain bahasa dan budaya, ternyata kuliner Malaysia juga banyak yang terlihat mirip dengan kuliner khas Indonesia. Bahkan, beberapa di antaranya hanya terlihat seperti beda nama saja.

Nah, kira-kira makanan khas Indonesia apa saja yang memiliki kemiripan dengan makanan Negeri Jiran? Yuk, langsung aja kita lihat.

1. Nasi uduk & Nasi lemak


Nasi uduk memang menjadi santapan yang paling banyak ditemui saat pagi hari dan malam hari. Namun ternyata, nasi uduk memiliki kemiripan dengan makanan khas Malaysia, disana namanya nasi lemak.

Keduanya sama-sama menggunakan santan dan daun pandan dalam proses pembuatannya. Keduanya pun sama-sama bikin ngiler.

2. Kwetiau & Char Kuey


Jika dilihat dari fisik, kedua makanan ini nyaris tak ada bedanya. Sama-sama menggunakan telur dan sayuran, makanan malam ini menjadi santapan yang sangat nikmat.

Satu hal yang membedakan hanyalah dari beberapa bumbu yang digunakan saat proses pembuatannya.

3. Nasi pecel & Nasi kerabu


Sama-sama berbahan pokok nasi, kedua makanan ini memiliki rasa yang tak berbeda jauh.

Jika nasi pecel menggunakan nasi putih biasa, nasi kerabu menggunakan nasi yang sedikit berwarna kebiru-biruan. Warna tersebut merupakan hasil dari campuran beberapa bumbu rempah-rempah khas Malaysia.

4. Bakwan udang & Cucur udang


Mungkin yang membedakan kedua makanan ini adalah namanya saja. Karena orang tidak akan melihat letak perbedaannya jika hanya melihatnya dari luar.

Perbedaannya, cucur udang Malaysia telihat lebih tebal dan biasa dicocol menggunakan saus tomat.

5. Pastel & Karipap pusing


Pastel dan karipap pusing memiliki kesamaan fisik, yakni sama-sama memiliki isi di dalamnya.

Nah, pastel biasanya berisi bihun, kentang, wortel, dan telur. Sementara itu, karipap pusing berisikan kentang, daging, dan bumbu kari sebagai penyedap. Dari segi warna pun karipap pusing lebih terlihat gelap dibandingkan dengan pastel.

6. Martabak telur & Mutton martaba


Mutton martaba tak hanya bisa ditemui di Malaysia saja, namun juga menjadi makanan favorit di Singapura.

Jika dilihat dari fisiknya, mutton martaba terlihat mirip dengan martabak telur khas Indonesia. Sama-sama berbahan dasar telur yang berisi daging dan sayuran.

7. Lontong sayur & Curry laksa


Kedua makanan berkuah ini sama-sama menggunakan santan serta bumbu rempah sebagai penyedap rasa. Sama-sama berbahan dasar lontong, curry laksa lebih terlihat ramai dengan penambahan udang, telur, mie, dan tahu. Tertarik untuk mencobanya?


Itulah daftar makanan khas Indonesia yang memiliki kemiripan dengan makanan khas Malaysia. Lidah orang Malaysia ternyata tidak jauh berbeda dengan lidah orang Indonesia. Mungkin jika kamu pergi ke Malaysia, kamu tidak akan begitu sulit untuk beradaptasi karena banyak makanan khas Malaysia yang memiliki cita rasa Indonesia.



sumber: yukepo

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.