Ads Top

Beda dengan yang lain, Ini 5 Candi Tertua di Indonesia yang Menjadi Warisan Bangsa

indonesia

NOTESIAGOY - Indonesia terkenal dengan warisan tak ternilai berupa candi-candi jaman kerajaan. Bangunan yang berumur ribuan tahun ini masih berdiri kokoh hingga sekarang, bukti bahwa peradapan lampau memiliki teknologi konstruksi yang canggih. Berikut 5 candi tertua yang patut dilestarikan oleh kita.


1. Candi Arjuna

2017_07_16_1515587837770000_candi_arjuna
Sumber foto: amazonaws.com

Candi Arjuna diperkirakan merupakan Candi tertua di Pulau Jawa, yang berada di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah.

Memiliki ukuran 4 meter persegi, berdiri kokoh bersama candi pendampingnya yang menghadap ke arah candi Arjuna. Para pendamping candi Arjuna bernama candi Semar yang persis menghadap ke arah candi Arjuna.

Candi Arjuna, diperkirakan sebagai candi tertua, diperkirakan dibangun pada abad 8 Masehi oleh Dinasti Sanjaya dari Mataram Kuno.


2. Candi Borobudur

Borobudur
Sumber foto: jogjakharismatransport.com

Candi yang satu ini jadi objek wisata budaya yang sangat populer bahkan popularitasnya mendunia gengs. Candi yang berbentuk punden berundak ini terdiri dari 6 tingkat dengan sebuah stupa utama yang berada di puncak candi.

Candi Budha ini terletak di Magelang, Jawa Tengah dan diperkirakan dibangun pada tahun 800an oleh para penganut Budha Mahayana pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra.


3. Candi Mendut

Mendut
Sumber foto: wikimedia.org

Berikutnya masih dari kawasan Magelang, yakni Candi Mendut yang merupakan candi Budha. Candi dihiasi dengan ukiran bermotif makhluk khayangan seperti bidadara dan bidadari, dua ekor kera serta dua ekor garuda yang memperindah candi Mendut.

Candi ini diperkirakan dibangun pada tahun 824 Masehi pada masa pemerintahan Raja Indra dari DInasti Syailendra.


4. Candi Gedong Songo

gedong songo
Sumber foto: telusurindonesia.com

Masih dari daerah Jawa Tengah yaitu Semarang, terdapat situs candi purbakala bernama Candi Gedong Songo. Candi bernuansa Hindhu ini berada di Ambarawa, Kabupaten Semarang.

Diperkirakan candi ini didirikan pada tahun 927 masehi di jaman Wangsa Syailendra. Kenapa namanya candi gedong songo, karena situs candi tersebut memiliki 9 buah candi yang merupakan satu kesatuan.


5. Candi Muara Takus

Muara_takus
Sumber foto: vidio.com

Terakhir adalah candi yang berada di Riau. Belum ada perkiraan pasti berdirinya candi ini, namun sementara para ahli memperkirakan candi ini dibangun pada abad 4-7 masehi pasa jaman kerajaan Sriwijaya.

Candi bernuansa Hindu ini dikelilingi tembok berukuran 74x74 meter dan tembok tanah berukuran 1,5x1,5 meter yang mengelilingi kompleks candi hingga ke pinggi sungai Kampar Kanan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.