Ads Top

Ketika Pohon Kelapa Tak Tumbang saat Diterpa Badai, Ini Penjelasannya!

Pohon kelapa

NOTESIAGOY - Siapa sangka, pohon kelapa memiliki daya tahan lebih baik dibandingkan pohon pada umumnya ketika cuaca buruk seperti badai menerpa. Apa yang membuatnya begitu kuat?

Seorang ahli geokimia memberikan penjelasannya. Dikatakan bahwa pohon kelapa berbeda dengan jenis pohon besar lain yang berkayu. Inilah yang membuat pohon kelapa bisa tahan dari terpaan badai.

"Sebagai gantinya, Anda akan menemukan serentetan jaringan spons yang tersebar, bukan diatur," kata Hope Jahren dalam otobiografinya berjudul "Lab Gril", dikutip dari Live Science, pada Sabtu (23/9/2017).

Sebagian besar pohon berkayu memiliki pola lingkaran saat mereka tumbuh besar setiap tahunnya. Namun pohon kelapa berbeda, beberapa dari selnya mudah dibentuk dan lainnya bisa dengan mudah dilipat serta kembali ke posisi semula.


"Kurangnya struktur konvensional adalah apa yang memberi kelapa fleksibilitas dan membuatnya dapat menyesuaikan... dengan angin yang pelan hingga menyatu dengan badai yang mengerikan," tulis Jahren.

Struktur itu membuat pohon kelapa tumbuh subur di daerah tropis yang hangat dan berangin. Genus pohon kelapa diketahui ada sebanyak 188 jenis yang terdiri dari 2.585 spesies.

Meski demikian tidak semua pohon kelapa memiliki kekuatan yang sama di setiap wilayah. Pohon kelapa yang dipindahkan ke tempat baru mungkin akan kehilangan kekuatannya.

Selain itu permukaan tanah yang basah juga turut melemahkan cengkeraman akar pohon kelapa sehingga dapat memungkinkan tercabut oleh sapuan angin.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.