Ads Top

Alasan Ilmiah Kenapa Penggila Fiksi Bakal Jadi Pasangan Idaman

membaca
Ilustrasi membaca | Sumber foto: Picjumbo

NOTESIAGOY - Ternyata, orang-orang yang menggilai fiksi termasuk pribadi yang ideal untuk dijadikan pasangan. Pasalnya, mereka memiliki kemampuan lebih untuk menjadi pasangan yang pengertian. Kok bisa?

Dilansir situs Her.ie, penelitian yang dilakukan di University of Toronto menunjukkan bahwa mereka yang gemar membaca cerita fiksi memiliki kemampuan lebih untuk berempati terhadap situasi yang dialami oleh orang lain.

"Pelajaran dari buku fiksi bertema sosial bisa mendorong atau menumbuhkan tingkat pemahaman serta empati di dalam diri pembaca," ujar Keith Oatley, salah satu dosen psikologi dan SDM di perguruan tinggi tersebut.

Sementara Gregory Currie, seorang profesor psikologi kognitif di University of Toronto berpendapat kalau orang-orang yang menginvestasikan waktu untuk membaca cenderung mengembangkan 'teori pikiran' di dalam benak mereka. Ini adalah kemampuan untuk menerima pendapat, keyakinan, dan kepentingan orang lain di sekitar mereka.

Psikolog David Comer Kidd menjelaskan, "Kemampuan mereka untuk merasakan koneksi terhadap karakter yang belum pernah mereka temui sebelumnya membuat mereka jauh lebih mudah memahami orang-orang di sekitar mereka."

Tak hanya sebagai pasangan, orang-orang seperti ini juga bisa menjadi sahabat yang baik. Setuju atau tidak?

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.