Ads Top

'Belum Makan Kalau Belum Makan Nasi', Inilah Kebiasaan Makan Nasi Orang Indonesia

Orang Indonesia itu unik ya, sehari-hari mereka selalu kebiasaan makan nasi. Bahkan ada anggapan bahwa, “Belum makan kalau belum makan nasi”.

Ibaratnya, walaupun kamu sudah makan pizza seloyang dan singkong goreng satu bakul hal itu gak bikin kamu memiliki perasaan kenyang seperti habis makan. Dua makanan tadi cuma bersifat sebagai cemilan belaka. Sebaliknya, kalau kamu makan nasi sepiring walaupun dengan lauk satu telur ceplok, hitungannya sudah makan. Aneh ya.



Nah kebiasaan makan nasi ini menjadi unik karena terkadang makanan pendampingnya memang unik. Coba bayangin, banyak lho orang yang makan nasi dengan lauknya mie instan. Bahkan ada juga orang yang makan nasi dengan lauknya olahan kentang. Padahal kentang dan mie kan mengandung karbohidrat juga. Jadi over karbo dong?

Kebiasaan makan nasi itu juga yang membuat banyak orang Indonesia menjadi pemalas karena kebanyakan karbohidrat, apalagi kandungan nasi yang terdapat glukosa sehingga bisa memicu munculnya penyakit diabetes kalau dimakan terlalu banyak.

Padahal pemerintah dari dulu sudah sering mencanangkan makanan pengganti nasi yaitu berupa umbi-umbian dan jagung. Tapi ya lumayan susah untuk digerakkan, orang Indonesia udah kebiasaan makan nasi soalnya.

Kali ini mau bahas mengenai kebiasaan makan nasi bagi orang Indonesia, kira-kira apa aja sih yang biasanya jadi pendukung saat kita makan nasi?

Apa pun lauknya pokoknya harus pake nasi, gak boleh enggak. Yuk langsung aja kita kepoin!

1. Makan Nasi Lebih Mantab Pakai Tangan



Duh memang gak ada duanya deh kalau makan nasi pakai tangan. Apalagi kalau makanan pelengkapnya seperti nasi padang.

Haram hukumnya makan nasi padang pakai sendok. Kalau makan pakai tangan kita jadi lebih leluasa nyuil-nyuil lauknya biar sesuai sama ukuran mulut kita. Coba bayangin kalau makan gulai kepala ikan pakai sendok, duh gak enak nyeruputnya.

2. Udah Makan Mie, Pake Nasi Pula Duh Pemborosan



Nah, yang kayak gini gak boleh sering-sering nih. Mie kan mengandung karbohidrat juga. Jadi untuk apa kamu makan double karbohidrat begitu? Gak takut makin buncit perutmu? Kurang-kurangin ya, tanggal tua nih.

3. Sambel Itu Hukumnya Wajib



Makan nasi udah paling manteb kalau disertai juga dengan sambel. Apalagi nasinya saat disajikan lagi anget-angetnya, ditambah sambel yang bikin napsu makanmu bertambah.

Udah pasti bakalan merasa laper terus deh. Apalagi kalau disertai sama krupuk yang bikin kriuk-kriuk di mulut.

4. Kerupuk



Tuh kan kerupuk baru aja diomongin udah nongol aja. Kombinasi nasi hangat, sambal dan kerupuk udah bisa mewarnai hidupmu seharian. Kalau kerupuk ini gak ada, duh gak bisa ngebayangin deh gimana nasibmu dengan nasi ini. Kriuk-kriuknya bikin nagih.

5. Nasi Kemarin Dibikin Jadi Nasi Goreng Biar Gak Mubazir



Gak tau sih ini dilakukan oleh semua orang atau enggak, biasanya nasi yang kita masak suka gak habis dalam semalam. Mau dimakan lagi buat besok kayaknya udah gak sedap. Alhasil, cari caralah biar nasi ini gak mubazir dengan dibuang begitu aja.

Terciptalah nasi goreng yang bisa bikin nasi kemarin jadi nikmat lagi. Apalagi ditambahin dengan extra topping seperti telur dan potongan bakso. Makin nikmat!

6. Ups, Belum Lima Menit



Gak tau deh awalnya dari mana ungkapan ini, “Belum lima menit”. Padahal makanannya udah jatuh dan masih aja percaya gak akan ada kumannya kalau diambil sebelum lima menit.

Emangnya kuman harus pesen ojek online dulu buat menuju TKP? Kan enggak. Coba ngaku siapa yang masih percaya sama ungkapan ini sampe sekarang?

7. Lauk Yang Enak Dimakan Terakhir



Emang deh namanya orang Indonesia kadang sifat gak mau ruginya suka muncul begitu aja. Pernah gak sih kamu menyisihkan makanan favorit kamu demi untuk memakannya di akhir?

Kejadian itu biasanya sih terjadi pada kulit fried chicken yang kadang suka jadi rebutan antara kamu dan temanmu. Kalau kulit ayammu dicuri, duh bisa memicu munculnya perang dunia ketiga ya.

Nah itulah tadi beberapa kebiasaan orang Indonesia saat makan nasi yang kadang suka gak sadar kamu lakuin begitu aja. Ngaku deh ngaku pasti kamu pernah ngalamin kok.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.