Ads Top

Udah Tau Belum? Ini Hal Hal Unik di Papua yang Gak Akan Ada di Daerah Lain

Indonesia memang selalu memiliki cerita yang menarik. Mulai dari setiap daerahnya, bahasanya, kebudayaannya dan penduduknya. Hal itulah yang seakan kita selalu merasa ada di rumah kita sendiri, sekalipun di daerah yang berbeda.

Keunikan yang dimiliki Indonesia memang tidak pernah lepas dari keunikan tiap-tiap daerahnya. Salah satunya Papua. Papua yang mungkin masih jauh dari kata hingar bingar modernisasi namun kini sudah beranjak ke arah hidup yang lebih baik.



Papua yang merupakan tanah yang sangat kaya memang memiliki beberapa hal unik yang sayang banget untuk dilewatkan. Hal unik di Papua memang menjadi sebuah sajian informasi yang menarik. Mengingat lokasi Papua yang ada di ujung Timur Indonesia memang seringkali dianggap tidak terjangkau.

Kali ini tim YuKepo sudah merangkum beberapa hal unik di Papua yang bikin kamu kepengen banget berkunjung ke sana. Penasaran? Yuk langsung aja kita kepoin!

1. Usia Senja Nggak Malu Untuk Sekolah



Semangat yang dimiliki oleh rakyat Papua memang patut diacungi jempol. Mulai dari semangat untuk hidup, semangat kerja hingga semangat sekolah. Kamu akan menemukan salah satu hal unik di Papua yaitu banyak bapak-bapak dan ibu-ibu dengan usia yang sudah tidak muda lagi tapi tetap semangat untuk sekolah.

Bahkan ada satu bapak berusia 54 tahun yang masih SMP walaupun harus berjalan kaki setiap hari selama tiga jam demi menempuh pendidikan. Salut!

2. Uang Rp 2000-an Gak Kepake Di Sana



Wajar sih kalau harga barang-barang di Papua memang mahal-mahal. Hal itu memang disebabkan oleh jarak pendistribusiannya yang jauh dan juga harus melewati medan yang sulit. Otomatis harga barang-barang pokok juga jadi terpengaruh.

Karena tingginya harga barang-barang inilah yang menyebabkan pecahan mata uang yang berlaku di Papua adalah minimal Rp. 5000,- di bawah nominal itu tidak laku. Jadi semua harga di sini ya kelipatan Rp. 5000,-

3. Pernah Liat Babi Naik Motor?



Mungkin hanya di Papua lah kalian bisa menemukan orang-orang yang berkendara sambil bawa hewan. Yang lebih sering ditemukan sih babi karena masyarakat Papua masih banyak yang memelihara hewan ini karena harga jualnya yang lumayan tinggi.

Jadi kalau kamu ke sini jangan kaget ya kalau ada babi naik motor, dengan pemiliknya dong karena gak mungkin juga babi nyetir motor.

4. Mie Instan Lebih Berharga Dari Uang



Memang kayaknya nyaris mustahil ada orang yang bisa menolak kenikmatan mie instan. Gak terkecuali masyarakat Papua. Mereka suka banget makan mie instan. Bahkan saking sukanya, mereka lebih senang dikasih mie instan daripada uang.

Karena harga mie instan di Papua lumayan mahal, sekitar Rp. 5000 perbungkus. Apalagi mie instan di Papua termasuk langka, karena jalur distribusinya yang susah.

5. Daerah Paling Tolerir se-Indonesia



Mungkin Papua merupakan daerah paling tinggi toleransi di Indonesia. Saat daerah lain sedang menyibukkan diri dengan konflik antar agama, Papua malah menjadi daerah yang mengakui perbedaan agama dan selalu damai.

Masyarakat Papua memegang tradisi "Satu tungku dua batu" yang artinya harmoni antara tiga agama besar di Papua yaitu Islam, Kristen dan Katolik. Keren abis!

6. Semua Harus Bisa Menari



Tarian memang sudah menjadi salah satu budaya bagi orang Papua. Gak muda gak tua semua ramai-ramai menari tarian rakyat baik dalam acara adat atau acara-acara lainnya. Bahkan kegiatan senam di sekolah juga menggunakan gerakan tarian daerah Papua lho.

7. Bakar Batu



Ini beneran batu yang dibakar. Batu yang dibakar dengan peralatan sederhana ini bukan untuk dimakan lho. Melainkan untuk dimasukkan ke dalam lubang untuk memasak. Biasanya sih batu ini digunakan untuk memasak babi, sayuran dan umbi-umbian dalam suatu acara adat.

Memang bener sih, Papua adalah sekeren-kerennya Papua. Papua gak perlu jadi daerah lain untuk dikenal. Papua memang dikenal dengan adatnya dan segala kekayaan di dalamnya. Semoga sampai kapanpun Papua tetap menjadi diri sendiri, tanpa harus ikut-ikutan meniru daerah lain.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.