Ads Top

Ini nih 5 Nama Lain Indonesia Sebelum Menggunakan Nama Indonesia

NOTESIAGOY – Apakah kamu tahu tentang sejarah nama negara kita yaitu Indonesia ? Bagi kamu yang belum tahu tentang sejarahnya. Maka penting untuk membaca artikel ini agar bisa mengetahui jika sebenarnya Indonesia itu memiliki lima nama lain selain Indonesia.

Sebelumnya kamu harus tahu nama Indonesia berasal dari kata “Indo” dan “Nesie” yang dalam bahasa Yunani berarti kepulauan Hindia.

Orang pertama yang menyebutkan nama negara kita dengan nama Indonesia adalah James Richardson Logan pada tahun 1869 di dalam buku karangannya yang berjudul “The Indian Archipelago and Eastern Asia” yang terbit dalam Journal of the Asiatic Society of Bengal (1849-1859).



Namun, selain nama itu, bangsa-bangsa asing pada masa jaman colonial dulu, menganggap tabu nama Indonesia untuk disebutkan sehingga mereka memberikan nama tersendiri untuk menyebut Indonesia.

Mau tau apa saja ? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Pulsk.com.

1. Hindia
Herodotus, seorang ahli ilmu sejarah yang berkebangsaan Yunani (484-42m SM), memberi nama Hindia untuk Indonesia.

2. Naderlandsch Oost-Indie/Nederlandsch Indie
Seorang pelaut Belkamu yang berkuasa di Indonesia pada tahun 1596 memberikan nama Naderlandsch Oost-Indie/ Nederlandsch Indie untuk Indonesia.

3. Insulinde
Insulinde adalah nama yang diberikan oleh Eduard Douwes Dekker atau dipanggil juga Multatuli di dalam bukunya yang berjudul Max Havelaar pada tahun 1860.

Adapun arti nama Insulinde berasal dari perkataan “Insulair”, “Insula” dan “Indus” yang dalam bahasa latin “Insula” berarti pulau dan “Indus” berarti Hindia sedangkan Insilinde berarti pulau Hindia.

4. Nusantara
Dalam perpustakaan India Kuno disebutkan jika nama Nusantara diberikan untuk Indonesia. Adapun Nusantara artinya pulau-pulau yang berada diantara benua-benua.

5. The Malay Archipelago
The Malay Archipelago adalah nama yang diberikan oleh Alfred Russel Wallace dalam tahun 1869, sesudah ia mengadakan perlawatan ke tanah air kita, dari tahun 1854 sampai dengan 1682.

Adapun artinya adalah “Malay” artinya Melayu, “Archipel” yang berasal dari bahasa Yunani “Archipelagus” (dari asal Archi=memerintah; plagus= laut).


Nah, itulah dia ke lima nama lain Indonesia sebelum memakai nama Indonesia.


Sumber: HorasSumutNews

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.