Ads Top

Menilik Keindahan Pesanggrahan Prabu Siliwangi di Majalengka, Jawa Barat

Pasanggrahan Prabu Siliwangi di Majalengka
Gerbang Masuk Ke Kawasan Makom Kramat Prabu Siliwangi

NOTESIAGOY - Zaman dahulu di Tanah Pasundan berdiri sebuah kerajaan yaitu Kerajaan Padjadjaran. Berdasarkan beberapa prasasti yang ditemukan di Jawa Barat, Kerajaan Padjadjaran ini dipimpin oleh Prabu Siliwangi.

Prabu Siliwangi sebenarnya adalah gelar untuk para raja di Tanah Parahyangan. Banyak sejarawan meyakini, Prabu Siliwangi yang dimaksud dalam beberapa prasasti ditemukan itu adalah Ki Pamanah Rasa atau Sri Baduga Maharaja.

Saat dipimpin oleh Sri Baduga Maharaja ini Kerajaan Padjadjaran sedang berada di puncak kejayaan. Namun di era ini pula Kerajaan Padjadjaran mulai goyah. Saat itu anak dari Ki Pamanah Rasa yang bernama Kian Santang pergi ke tanah Arab. Dia di sana belajar Islam.

Setelah kembali ke Tanah Pasundan, Kian Santang mengajak bapaknya beserta keluarga untuk masuk Islam. Namun, Prabu Siliwangi menolak. Ketika itu pula Kerajaan Padjadjaran mulai goyah.


wisata alam Petilasan Prabu Siliwangi
Kawasan Wisata Pesanggarahan Prabu Siliwangi | Sumber foto: Radar

Salah satu bukti bahwa sosok Prabu Siliwangi ini benar-benar ada, di Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat ada lokasi wisata Pesanggrahan Prabu Siliwangi.

Pesanggarahan Prabu Siliwangi ini dipercaya sebagai petilasan Ki Pamanah Rasa. Bila dicocokkan dengan kisah Prabu Siliwangi, memang nama Rajagaluh ini sempat diceritakan sebagai tempat bertarungnya Prabu Siliwangi dengan macan putih gaib. Setelah dikalahkan, macan putih itu jadi anak buah Prabu Siliwangi.

Wisata Pesanggarahan Prabu Siliwangi ini banyak di kunjungi para pelancong dari berbagai daerah, baik dari Kabupaten Majalengka maupun dari luar.

Biasanya wisatawan datang ke sana untuk berziarah atau hanya sekadar menikmati keindahan alam di lokasi wisata ini.

Sebelum masuk ke Wisata Prabu Siliwangi, para pelancong akan melihat situ atau danau. Situ ini bernama situ Cipadung. Situ ini berada di antara Desa Indrakila Kecamatan Sindang dan Desa Pajajar Kecamatan Rajagaluh, Majalengka, Jawa Barat.

Situ Cipadung ini bersebelahan dengan Wisata Prabu Siliwangi. Situ ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Di tempat wisata ini terdapat beberapa makam atau buyut atau tempat-tempat keramat. Di antaranya di sebelah Situ Cipadung terdapat Buyut Pertapaan Arjuna yang masuk ke wilayah Desa Indrakila Kecamatan Sindang.

Dalam objek Wisata Pesanggarahan Prabu Siliwangi terdapat beberapa kolam, ada kolam pemandian yang berbentuk situ ada musala dan beberapa pedagang.


prabu3
Patung Harimau Di Kawasan Pasanggrahan Prabu Siliwangi | Sumber foto: Blogger

Dalam Pesanggrahan Prabu Siliwangi ada beberapa tempat yang dikeramatkan. Tempat itu mempunyai kuncen atau juru kunci tersendiri. Bila ingin mengunjungi tempat yang dikeramatkan harus didampingi oleh kuncen.

Pepohonan yang sudah tua, kolam-kolam yang ditata dengan rapi, kemudian sebuah kolam besar yang di tengahnya terdapat pancuran lumba-lumba, membuat tempat ini menjadi sejuk dan indah.

Di depan pintu masuk ada patung kujang berukuran cukup besar. Ada juga patung macan atau maung.

Uniknya, di tempat ini masih banyak kera yang berkeliaran, sesekali pula akan terlihat kelelawar beterbangan bergerombol.

Di dalam kolam juga terdapat ikan-ikan yang sengaja dipelihara. Dulu sebelum dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Majalengka, di situ Wisata Pesanggrahan Prabu Siliwangi banyak orang yang mancing, tetapi sekarang sudah dilarang.

Untuk menuju tempat wisata ini tidak sulit. Bila menggunakan kendaraan umum, para pelancong tinggal berangkat dari Terminal Rajagaluh. Langsung ada angkutan yang menuju ke sana, atau bila naik kendaraan pribadi dari terminal Rajagaluh mengambil jalan ke arah menuju Desa Indrakila kecamatan Sindang.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.