Ads Top

Kamu tahu gak Nama 5 Pahlawan Indonesia Yang Diabadikan Di Belanda? Ini Dia!

Tahukah kamu jika ternyata selama ini ada beberapa Pahlawan Indonesia yang tak hanya dikenang di tanah air tetapi namanya juga diabadikan di Luar Negeri.

Beberapa pahlawan Indonesia yang namanya diabadikan di luar negri ini karena mereka memiliki banyak perjuangan di negeri orang hingga meninggalkan sejarah yang sangat bermakna.

Menghormati pahlawan pada dasarnya sudah menjadi kewajiban warga Indonesia untuk menghargai jasa para pahlawannya. Kita warga Indonesia tentunya harus bangga dengan apa yang telah dilakukan para pahlawan demi kemerdekaan negara tercinta ini. Bahkan yang lebih bangga lagi ketika beberapa pahlawan Indonesia juga dikenang diluar negeri.

Dan seperti yang dilansir dari forumviva.co.id, inilah dia 5 Pahlawan Indonesia yang namanya diabadikan di luar negri.

1. Thomas Matulessy yang Abadi di Belanda


Salah satu pahlawan Indonesia yang namanya dikenang di luar negri yakni Thomas Matulessy alias Pattimura.

Dulu , pahlawan Pattimura ini menjadi salah satu tokoh ancaman terbesar Belanda dalam upaya penguasaan Maluku lantaran Pattimura berhasil melakukan banyak perlawanan sengit, bahkan pernah berhasil merebut benteng Duurstede yang dikenal kokoh. Namun pada akhirnya, Pattimura berhasil ditangkap dan digantung akibat terjebak oleh Raja Booi, Pati Akon.

Demi mengenang jasa Pattimura, Belanda memilih untuk menjadikan nama Pattimura sebagai nama jalan di negara mereka. Nama jalan tersebut diberi nama Pattimurastraat di Wierden, Belanda.

2. Martha Christina Tiahahu juga Jadi Nama Jalan


Martha Christina Tiahahu ini merupakan tokoh heroik Maluku yang tercatat juga pernah melakukan perlawanan kepada Belanda. Martha diketahui telah beberapa kali ikut berperang bersama Pattimura.

Namun naasnya, Tiahahu berhasil ditangkap dan berhasil dilepaskan lagi karena dianggap masih anak-anak. Martha yang bebas pada saat itu ternyata tak berhenti melakukan perlawanan hingga pada akhirnya dirinya ditangkap kembali dan dikirim ke Jawa menjalani kerja paksa. Namun Tiahahu meninggal dalam perjalanan tersebut.

Dari peristiwa tersebut, Belanda pun berusaha menghargai Martha dan menjadikan nama Martha Christina Tiahahu sebagai nama jalan yang letaknya tak jauh dari Pattimurastraat di Wierden, Belanda.

3. RA Kartini Namanya Harum Sampai Belanda


Pelopor Indonesia R.A Kartini ternyata menjadi salah satu pahlawan Indonesia yang namanya diabadikan di luar negeri yakni Belanda.

Nama R.A kartini dijadikan sebagai nama jalan lantaran Belanda merasa kagum dengan fakta kehidupan R.A Kartini sebagai tokoh emansipasi wanita di dunia.

Kekaguman Belanda direalisasikan dengan aksi membukukan surat-surat Kartini. Akhirnya tercipta sebuah buku fenomenal berjudul Door Duisternis tot Litch atau Habis Gelap Terbitlah Terang.

Tak hanya itu, apresiasi kekaguman Belanda juga dibuktikan dengan diabadikannya nama Kartini sebagai nama jalan yang berada di kota Utrecht, Haarlem, Amsterdam, dan Venlo.

4. Mohammad Hatta, Pembebas Indonesia yang Abadi di Belanda


Mohammad Hatta juga menjadi salah satu pahlawan Indonesia yang berjuang untuk merebut kemerdekaan dari Belanda. Jasa – jasanya dalam merebut kekuasaan negara Indonesia dari tangan Belanda ini ternyata menjadi sebuah kekaguman tersendiri bagi negara Belanda.

Demi mengenang jasa Mohammad Hatta ini, Belanda setuju untuk menjadi nama Hatta sebagai nama sebuah jalan yang ada di kota Harleem.

5. Sutan Sjahrir, Pejuang Indonesia yang Dihormati Belanda


Dan tokoh pahlawan Indonesia yang terakhir yang dianggap sebagai salah satu ujung tombak Indonesia di masa perjuangan adalah Sutan Sjahrir.

Sutan Sjahrir berhasil melakukan sejumlah perlawan terhadap Belanda. Bahkan dia berhasil menorehkan sebuah kebanggaan di negara Belanda itu demi membuat negara Indonesia merdeka.

Hingga pada akhirnya, Belanda pun berniat untuk mengabadikan nama Sutan Sjahrir sebagai nama jalan di Belanda yang masing – masing berada di kota Leiden, Gouda dan Haarlem. Di Harleem Jalan Sutan Sjahrir berdekatan dengan Jalan Mohammad Hatta.


Nah, itulah dia kelima tokoh pahlawan Indonesia yang namanya diabadikan di luar negri.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.