Ads Top

Hayu Menjelajah 17 Tempat Wisata Kuliner Legendaris Yang Ada di Bandung, Ini Dia Daftarnya



NOTESIAGOY -- Banyak warga Jakarta yang suka berkuliner ke Kota Kembang Bandung. Alasannya sih sederhana, ingin menikmati kuliner murah tapi enak dan juga bernostalgia. Konon katanya Bandung itu punya sejuta cerita yang selalu bisa dinikmati bersama.

Maka kalau ingin mengunjungi tempat wisata kuliner di Bandung ini lebih baik membawa pasangan. Takutnya kamu baper ketika melihat pengunjung lainnya bergandengan. Ya, minimal kamu bisa datang dengan rombongan bareng teman-teman nongkrong.

Penasaran apa saja tempat kulinernya? Berikut ulasannya.


1. Sudirman Street Bandung



Seperti namanya Sudirman Street, warung kuliner di Jalan Sudirman Bandung ini punya ragam dan aneka pilihan. Kamu bisa mencicipi kuliner Asia, Timur Tengah hingga kulier Eropa. Nggak perlu jauh-jauh ke Amerika untuk icip-icip kuliner khasnya, hampir semua jenis kuliner dunia ada di Sudirman Street.

Namun, buat yang muslim harus teliti karena beberapa kuliner yang dijajakan di Sudirman Street tidak semuanya halal. Seperti di kawasan Pecinan Jakarta, Glodok ataupun Pasar Lama Tangerang, Sudirman Street memang menjajakan beberapa kuliner non halal seperti sate babi.

Kawasan ini juga sudah disulap dengan beberapa hiasan mural yang lucu. Terlebih kini pedestrian di kawasan Jalan Sudirman sudah lebih lebar dan lapang sehingga benar-benar menjadi surga bagi para pejalan.

  • Rentang Harga Rp20.000 – Rp 70.000
  • Alamat Jalan Sudirman 107 Bandung



  • 2. Teras Cihampelas



    Dari ketinggian Skywalk Cihampelas, pengunjung bisa melihat pemandangan dan kerlap kerlip lampu kota Bandung sambil menikmati jajanan murah meriah yang disajikan dari berbagai kios-kios pedagang kaki lima yang tertata dengan rapi.

    Jarak Teras Cihampelas bisa diukur dari lokasi RS Advent Bandung hingga Cihampelas Walk yang memang sudah menjadi salah satu tempat nongkrong anak muda terutama saat akhir pekan.

    Tinggi Skywalk Cihampelas Bandung ini sekitar 4.6 meter. Jadi, sangat tepat sekali menjadi salah satu tempat wisata romantis di Bandung pada saat malam hari.

  • Rentang Harga Rp 15.000 – Rp 35.000
  • Alamat Jalan Cihampelas, Bandung



  • 3. Paskal Food Market Bandung



    Paskal Food Market diklaim sebagai tempat kuliner terbesar di Bandung. Bayangkan saja, konon katanya sih di tempat wisata kuliner di Bandung paling hits ini menyajikan hampir ribuan menu yang bisa kamu pilih. Wah, rasanya enggak cukup sehari ya buat wisata kuliner di Paskal Food Market ini.

    Tempat wisata kuliner ini memang jadi tempat nongkrong juga buat anak muda di Bandung. Beberapa kuliner andalan di Paskal Food Market diantaranya sate Maulana Yusuf, iga bakar si Jangkung, taliwang jaya hingga bola obi gardujati.

  • Rentang Harga Rp 25.000 – Rp 150.000
  • Alamat Jln. Kebon Kawung 27 | Paskal Hyper Square



  • 4. Rumah Sosis Bandung




    Kalau mau cari sosis lokal dengan rasa internasional, rasanya tempat ini cocok banget buat kamu yang doyan dengan olahan daging instan ini. Kamu bisa menikmatinya di tempat atau juga bisa membawanya pulang untuk buah tangan.

    Rumah Sosis bukan cuma tempat kuliner aja lho. Rumah sosis memang lebih pas disebut sebagai arena rekreasi keluarga karena punya banyak fasilitas permainan dan kolam renang yang aman untuk anak-anak. Dengan tagline “Eat-Swim-Play” tak heran jika Rumah Sosis termasuk jajaran tempat wisata di sekitar Jalan Setiabudi yang selalu ramai dikunjungi wisatawan.

  • Rentang Harga Rp 10.000 – Rp 30.000
  • Alamat Jalan Dr.Setiabudi No293, Sukasari Bandung



  • 5. Kampung Daun Bandung



    Kalau mau cari tempat romantis di Bandung, salah satunya adalah Kampung Daun Bandung. Hampir setiap tahun Kampung Daun selalu dijadikan lokasi syuting. Pasti pernah lihat dong tayangannya di televisi tiap bulan Ramadan?

    Kampung daun tidak hanya menyajikan kuliner khas Pasundan, Jawa Barat saja. Tapi kamu juga bisa menikmati Soto Betawi, Soto Kudus hingga Nasi Liwet Solo. Untuk minumannya pun beragam dari Bandrek yang menghangatkan badan hingga Wedang Ronde. Jika ingin yang segar-segar bisa juga memesan Es Cendol atau Es Cingcau yang menyehatkan pencernaan.

  • Rentang Harga Rp 13.000 – Rp 30.000
  • Alamat Jalan Sersan Bajuri No 88 Bandung



  • 6. Nasi Kalong Bandung



    Asal usul dinamakan Nasi Kalong Bandung karena wisata kuliner di Bandung yang unik ini hanya buka pada malam hari dari pukul 7 malam hingga pukul 3 dini hari. Wajar saja jika para penikmat nasi kalong adalah wisatawan yang terbiasa melek pada malam hari.

    Kuliner nasi kalong sangat beragam mulai dari nasi merah yang tidak membuat kamu gendut, juga berbagai macam lauk pauk yang membuat kamu kangen sama rumah.

    Kamu bisa menikmati nasi merah dengan sambal goreng ati, ayam goreng madu, dendeng ayam hingga gepuk abon. Ada sekitar 20 jenis lauk pauk yang membuat kamu tergiur dengan kelezatannya. Dijamin pasti bingung mau pilih apa. Kalau bingung pilih aja menu paling banyak direkomendasikan seperti tumis buncis dan ayam goreng madunya.

  • Rentang Harga Rp 50.000 – Rp 100.000
  • Alamat Jalan Riau 102 Bandung



  • 7. Yoghurt Cisangkuy Bandung



    Kalau sedang jalan-jalan sekitar Gedung Sate mampir deh ke Yoghurt Cisangkuy Bandung. Salah satu kuliner legendaris di Kota Bandung ini patut kamu coba. Selain Yoghurt, kamu juga bisa kok menikmati kudapan lain seperti smoothies hingga minuman kesehatan lain seperti Green Tea dan Rosella.

    Namun jangan datang saat weekend. Beberapa orang merekomendasikan untuk datang pada saat weekdays. Pada saat weekend biasanya kunjungan sangat padat dan utamanya didominasi oleh anak-anak muda yang lebih suka nongkrong. Tak heran jika Youghurt Cisangkuy termasuk salah satu tempat nongkrong legendaris di Bandung.

  • Rentang Harga Rp 22.000 – Rp 35.000
  • Alamat Jalan Cisangkuy No 66 Citarum, Bandung



  • 8. Angkringan De BlankON Bandung



    Menu makanan dan minuman yang ditawarkan cukup beragam dan sangat cocok untuk kamu yang ingin sekedar nongkrong di siang hari.

    Selain banyaknya menu makanan, tempat ini juga sangat terkenal dengan interiornya yang memukau. Biasanya para wisatawan tak segan untuk berfoto dan selfie di setiap sudut Angkringan De BlankON ini.

    Lihat saja, mulai dari pemandangan dari ketinggian yang luar biasa, dan payung-payung yang cantik pun juga menjadi spot paling favorit para wisatawan.

  • Rentang Harga Rp 3000 – Rp 40.000
  • Alamat Kawasan Punclut Jalan Baru Laksana No 75 Pagerwangi Lembang



  • 9. Warteg Hipster Bandung



    Kalau sedang cekak karena tanggal tua, warteg selalu jadi andalan setiap orang untuk mengisi perut. Sebab, tempat makan sederhana ini selalu terkenal dengan masakan rumahan dengan harga yang murah meriah.

    Selain tempat yang cozy dan wifi gratis, makanan enak ala rumahan tentu jadi primadona di Warteg Hipster. Lauk warteg pada umumnya seperti gorengan, capcay, kangkung, tempe, tahu, ayam, daging, ikan, bahkan semur jengkol bisa kamu temukan di sini.

    Tapi, yang membuat makanan ini terlihat spesial adalah penyajiannya yang rapi dan bersih. Kalau begini kan selera makan jadi bertambah!

  • Rentang Harga Rp 10.000 – Rp 20.000
  • Alamat Jl. Ranggagading no.3 Bandung



  • 10. Audrey Scenic Dining Bandung



    Jika ingin mencari tempat kuliner yang berbeda dari biasanya di Bandung, ada sebuah tempat di belakang De Ranch Lembang. Lokasinya memang agak susah untuk dijangkau tapi tempatnya benar-benar bakalan bikin kamu betah berlama-lama.

    Terlebih ada banyak spot menarik dan instagrammable banget dengan suasana sejuk khas Lembang, Bandung. Arsitektur dan desainnya perpaduan gaya klasik Jawa dan modern menjadikan suasananya berbeda dari tempat wisata kuliner lainnya di Bandung.

  • Rentang Harga Rp 8.000 – Rp 68.000
  • Alamat Jalan Panorama Indah Kav A9 Lembang, Bandung.



  • 11. Roti Gempol Bandung



    Memang, surga kuliner legendaris yang masih eksis di Bandung itu tidak sedikit. Kamu hanya perlu sedikit usaha untuk riset dan mau bertanya saja. Salah satunya Roti Gempol Bandung yang sudah jualan dari tahun 1958.

    Jadi kalau sudah bosan dengan segala jenis roti bakar yang kamu coba di Bandung mendingan cobain dulu deh rajanya Roti Bakar asli Bandung yang masih eksis ini. Kamu bisa memesan roti manis dengan berbagai macam isian dan topping begitu juga dengan roti asin.

  • Rentang Harga Rp 6.000 – Rp 40.000
  • Alamat Jalan Gempol Wetan No 14 Bandung



  • 12. Bubur Ayam Mang Haji Oyo Bandung



    Bubur Ayam Mang Haji Oyo Bandung itu punya keistimewaan dan keunikan. Buburnya kental namun tetap punya rasa yang gurih. Bedanya dengan bubur Cirebon, bubur ayam khas Bandung tidak menggunakan kuah kaldu karena buburnya saja sudah gurih.

    Nah, uniknya lagi, kamu bisa memilih toppingnya sendiri. Harganya pun disesuaikan dengan topping yang kamu pilih. Kadang-kadang ada yang tidak suka seledri sama kacang, ya cukup pilih topping lain seperti telur dadar, ati ampela atau cakwe saja. Konsep penyajiannya saja sudah membuat pelanggan menjadi raja.

  • Rentang Harga Rp 16.000 – Rp 28.000
  • Alamat Jalan Gelap Nyawang Bandung



  • 13. Bubur Ayam Zaenal Bandung



    Selain bubur ayam Mang H. Oyo, ada lagi bubur ayam yang lumayan terkenal enak di Bandung. Salah satunya Bubur Ayam Zaenal di Dago. Persis setelah Pasar Simpang Bandung. Kalau dari Dago ada di sebelah kiri sebelum ke Jalan Tubagus Ismail.

    Salah satu keistimewaan Bubur Ayam Zaenal Bandung ini adalah tetap enak meskipun dimakan tanpa kuah. Konon juga ada yang bilang meskipun dingin, rasa gurihnya tetap terasa. Tapi, jangan khawatir, karena Bubur Ayam Zaenal ini juga disajikan dengan topping yang berlimpah.

  • Rentang Harga Rp 15.000 – Rp 25.000
  • Alamat Jalan Ir. H. Juanda (Dago) 244, Bandung



  • 14. Lontong Kari Kebon Karet Bandung



    Lontong Kari mungkin termasuk kuliner Bandung yang kurang menasional, tapi jangan salah karena ada Lontong Kari legendaris yang terkenal di Bandung meskipun hanya berjualan di sebuah gang sempit. Itulah Lontong Kari Kebon Karet Bandung.

    Keunggulannya Lontong Kari Kebon Karet disajikan dengan daging tanpa lemak, pure daging dengan kuah kental yang menggugah selera. Lontongnya juga beda dengan lontong lainnya.

    Keistimewaan lainya Lontong Kari Kebon Karet bisa kamu nikmati selagi hangat dengan topping kentang rebus yang dipotong kecil dan telur puyuh. Duh, segar banget deh!

  • Rentang Harga Rp 22.000 – Rp 28.000
  • Alamat Gang Kebon Karet Jalan Otto Iskandar Dinata, Bandung



  • 15. Kupat Tahu Cicendo Bandung



    Selain Kupat Tahunya yang terkenal, warung ini juga menjajakan Lontong Kari spesial yang menggoda selera. Posisinya sangat mudah untuk dicari karena lokasinya berseberangan dengan Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung.

    Warung yang sudah berdiri sejak tahun 1967-an ini malah dekat dengan Stasiun Kereta Api Bandung. Kamu hanya tinggal berjalan kaki saja untuk bisa menikmati Kupat Tahu khas Cicendo Bandung. Kupatnya lembut dan sajian bumbu kacangnya juga berbeda dari kupat tahu lainnya, sedikit kental dengan rasa yang menggugah.

    Kualitas rasanya masih bertahan hingga saat ini. Tak heran jika Kupat Tahu Cicendo digemari berbagai kalangan tua hingga muda.

  • Rentang Harga Rp 12.000 – Rp 24.000
  • Alamat Jl Cicendo Belakang No 21 Bandung



  • 16. Toko You Bandung



    Kalau mau cari resto dengan nuansa tempo dulu di Kota Bandung tak ada salahnya mampir di Resto Toko You di Jalan Hasanuddin No 12 Bandung. Meskipun namanya Toko Yu tapi sebenarnya tempat ini adalah sebuah restoran dengan konsep bangunan dan furnitur tempo dulu.

    Boleh dibilang Toko You benar-benar menyajikan kuliner Bandung peranakan yang nikmat seperti Mi Yamin hingga Seafood. Salah satu rekomendasi yang wajib di coba adalah Mi Yaminnya yang populer. Toko You juga memiliki ciri khas sebagai salah satu resto yang menjual kuliner-kuliner nostalgia tahun 1990-an.

    Uniknya lagi Toko You menghidangkan aneka jenis makanan vegetarian mulai dari Tomyam Vegetarian hingga Nasi Goreng Vegetarian. Harganya relatif lebih mahal untuk ukuran anak nongkrong, tapi rasanya tidak mengecewakan.

  • Rentang Harga Rp 10.000 – Rp 70.000
  • Alamat Jalan Hasanudin No 12 Coblong, Bandung



  • 17. Dago Panyawangan Bandung



    Kalau mau makan dengan menu Sunda pada saat weekend, paling tepat di sekitaran Dago ya ke resto Sunda ini. Tempatnya sangat strategis di pusat kota Bandung dan dekat dengan beberapa tempat belanja dan wisata. Tak heran jika Dago Panyawangan menjadi salah satu resto pilihan keluarga saat liburan atau akhir pekan.

    Salah satu menu yang wajib kamu cicipi adalah nasi timbel dan gepuknya yang nikmat. Tenang aja, selain makanan Sunda, kamu juga bisa memesan aneka seafood dan minuman khas yang menyegarkan.

    Salah satu keistimewaannya juga adalah tempatnya yang dipertahakan menggunakan bilik bambu dan atap jerami, sangat khas sekali dengan nuansa pedesaan tanah Pasundan.

  • Rentang Harga Rp 8.000 – Rp 120.000
  • Alamat di Jalan Ir H Juanda No 127 Dago Bandung



  • Nah itulah 17 tempat wisata kuliner yang ada di Bandung, buat kamu yang doyan wisata kuliner tempat tempat diatas wajib kamu cobain..

    Tidak ada komentar:

    Diberdayakan oleh Blogger.