Ads Top

Pesona Pulau Sipadan dan Ligitan, Wisata Spektakuler Hasil Sengketa Indonesia-Malaysia



NOTESIAGOY - Kalau kamu masih ingat, di sekitar tahun 2002 Indonesia dan Malaysia tengah dihadapkan oleh permasalahan sengketa dua pulau yang letaknya memang di perbatasan antara kedua negara serumpun ini.

Singkat cerita, pada akhirnya Pulau Sipadan dan Ligitan menjadi bagian dari negara Malaysia. Dan hingga kini kedua pulau tersebut dirawat dan dikelola dengan baik oleh pemerintahnya sehingga menjadi potensi wisata yang sangat menarik.

Meski tak lagi milik Indonesia, inilah alasan kenapa kamu harus melihat langsung pesona alam yang tersaji indah di kedua pulau tersebut.





Pulau Sipadan dan Ligitan telah populer di mata dunia. bukan hanya sebagai tempat wisata yang spektakuler, namun juga sebagai salah satu spot diving terbaik di dunia. Pulau Sipadan terkenal akan keindahan alam bawah lautnya yang memukau. Banyak penyelam yang memfavoritkan pulau sipadan sebagai spot diving yang akan mereka kunjungi berkali-kali.

Meski hanya seluas 12 hektar dan ketinggiannya hanya 700 meter di atas permukaan laut, airnya yang jernih bagaikan kristal membuat siapapun takjub akan keindahan alam Pulau Sipadan. Saking kecilnya, kamu bisa mengelilingi pulau ini hanya dengan berjalan kaki selama 25 menit, lho!





Pesona kedua pulau fenomenal ini juga sering disandingkan dengan Maldives karena memiliki resor-resor cantik nan mewah di sekitarnya. Beberapa situs wisata juga menobatkan Pulau Sipadan dan Ligitan sebagai wisata ikonik yang setara dengan keindahan Pulau Cocos di Costa Rica.

Pengelola objek wisata kedua pulau ini merupakan warga negara Malaysia dan penduduk sekitarnya pun adalah warga Negeri Jiran. Kepulauan yang terletak berbatasan dengan Kalimantan Timur dan Sabah di Malaysia Timur ini juga sangat direkomendasikan bagi kamu yang senang berlibur ke pulau kecil yang tenang dengan pemandangan yang spektakuler.





Lalu, gimana ya caranya ke sana?

Ada banyak pilihan transportasi yang bisa kamu tempuh untuk mencapai kedua pulau ini. Jika kamu memilih transportasi udara, kamu bisa naik pesawat dari Kuala Lumpur menuju Tawau, atau dari Kinabalu menuju Tawau.

Sesampainya di Tawau, kamu bisa lanjut naik bus ke Semporna selama kurang lebih 1,5 jam. Kemudian dilanjutkan dengan menaiki speedboat ke Pulau Sipadan dengan waktu tempuh sekitar 45 menit hingga 1 jam.

Pulau Sipadan dan Pulau Ligitan adalah pulau wisata yang udah pasti diketahui oleh penduduk sekitar Sabah. Jadi kalau bingung, jangan malu bertanya, ya!

Sengketa Pulau Sipadan dan Pulau Ligitan yang kini terkelola dengan baik oleh pemerintahnya mengajarkan kita banyak hal. Salah satunya adalah benar-benar serius dalam menjaga apa yang telah kita punya agar dapat menjadi potensi wisata yang senantiasa menjadi kekayaan alam tanah air kita. cukup sampai Pulau Sipadan dan Pulau Ligitan, pulau-pulau indah lainnya harus tetap kita jaga, ya!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.