Ads Top

Guglielmo Marconi, Anak Orang Kaya yang Menemukan Teknologi Radio

Guglielmo Marconi

NOTESIAGOY - Radio merupakan sebuah alat elektronik yang sangat berguna dan secara cepat dapat memberikan informasi bagi pendengarnya. Radio sendiri termasuk benda terpenting dalam sejarah Indonesia, karena radio membantu menyebarkan kabar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke seluruh wilayah Indonesia saat itu.

Penemu radio adalah Guglielmo Marconi, ia terlahir dalam keluarga yang kaya pada 25 April 1874. Marconi sendiri sedari kecil memiliki minat yang kuat terhadap sains dan listrik.

Si jenius Guglielmo Marconi lahir di Bologna, Italia dan merupakan anak laki-laki ke-2 dari Guiseppe Marconi, seorang pria Italia yang kaya raya dan Annie Jameson keturunan Irlandia.

Marconi mendapatkan ide mengenai radio setelah mempelajari percobaan-percobaan yang dilakukan oleh Henry R. Hertz dan Oliver Lodge tentang gelombang elektromagnetik.

Pada tahun 1894, ia mulai bereksperimen dengan gelombang tersebut sebagai mahasiswa di Livorno Technical Institute. Dengan menggabungkan karya ilmiah dari Hertz dan Lodger, ia mampu mengembangkan sistem dasar telegraf tanpa kabel (wireless).

Meskipun ia bukan seorang ilmuwan, Marconi menyadari nilai teknologi tanpa kabel yang ia temukan dan menempatkan orang yang tepat untuk berinvestasi dalam eksperimennya tersebut.

Marconi membangun peralatan pembangkit gelombangnya sendiri di tanah milik keluarganya dan segera mengirim sinyal ke lokasi yang berjarak 1 mil dari sana.

Namun percobaannya tersebut gagal dalam menarik perhatian pemerintah Italia, karena hal tersebut ia memutuskan untuk mencoba peruntungan di London. Pada 1896, ia dan ibunya tiba di Inggris dan dengan cepat menemukan penyokong yang tertarik atas temuannya tersebut, termasuk Kantor Pos Inggris.

Dalam 1 tahun, Marconi menyiarkan hingga 12 mil dan telah mendapat hak paten pertamanya. 1 tahun kemudian (tahun 1988), ia mendirikan stasiun tanpa kabel di Isle of Wight yang memungkinkan ratu Victoria mengirim pesan kepada putranya Pangeran Edward di atas kapal pesiar kerajaan.

Pada 1899 sinyal Marconi telah melintasi Selat Inggris. Pada tahun yang sama, Marconi pergi ke Amerika Serikat, di mana ia mendapatkan publisitas yang menawarkan liputan tanpa kabel tentang kapal pesiar Piala Amerika dari lepas pantai New Jersey.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.